Nama : Fiqey Indriati Eka Sari
NRP : 05111940000015
Kelas : Rekayasa Kebutuhan D
Deskripsi Aplikasi Parkir Non Tunai
Aplikasi Parkir Non-Tunai, cashless parking app, adalah aplikasi yang menyediakan semua pembayaran transaksi parkir non-tunai karena terhubunga dengan seluruh cashless payment. Aplikasi ini menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) yang membuat pengguna tidak perlu lagi memberikan uang parkir secara langsung tetapi bisa menggunakan e-wallet untuk mengganti transaksi tersebut. Hal ini tentunya mendukung penerapan protokol kesehatan COVID-19. Beberapa contoh pembayaran non-tunai untuk transaksi parkir di aplikasi ini adalah pembayaran dengan QRIS, ShopeePay, OVO, Kartu Toll, E-Money.
Proses bisnis aplikasi non-tunai ini adalah sebagai berikut
- Pengguna memasuki gerbang pada area parkir lalu aplikasi meminta pengguna untuk mengarahkan tangan untuk mengeluarkan karcis tanpa sentuhan (no-touch).
- Karcis dari sistem akan keluar dan mencatat informasi dari kendaraan seperti waktu kedatangan, plat nomor, dll.
- Setelah karcis diterima, gerbang akan terbuka sehingga pengguna dapat lewat dan meletakkan kendaraan di area parkir.
- Jika pengguna ingin keluar dari area parkir, maka pengguna cukup melakukan scanning QRCode pada karcis yang diperolah saat kedatangan.
- Pengguna dapat memilih metode pembayaran sebelum tiba di area gerbang parkir, seperti e-wallet atau QRIS.
- Sistem akan menghitung pembayaran sesuai lama waktu pengguna memarkir kendaraannya.
- Palang akan terbuka jika proses pembayaran telah selesai.
Identifikasi User dan Stakeholder
Pihak-pihak yang terlibat dalam aplikasi parkir non-tunai ini adalah
- USER : Pelanggan area parkir (user), Pegawai (administrator)
- STAKEHOLDER : Pemilik area parkir, payment provider, pihak kendaraan, pihak keuangan
Gambaran Kebutuhan dari User & Stakeholder
Kebutuhan User
- Pengguna memerlukan metode pembayaran yang aman, nyaman, dan cepat
- Pengguna ingin mengurangi kontak fisik dengan barang/pegawai untuk mencegah penyebaran COVID-19
- Pengguna memerlukan jaminan keamanan kendaraan
- Pengguna ingin kemudahan akses area parkir
Kebutuhan Stakeholder
- Stakeholder memerlukan laporan keuangan parkir per bulan
- Stakeholder ingin mendapatkan kepuasan pengguna
- Stakeholder memerlukan sistem yang berkelanjutan dan terpelihara
- Stakeholder ingin mudah melakukan pemantauan data atau statistik pengguna yang keluar masuk area parkir
- Stakeholder ingin sistem pembayaran yang mudah dan menguntungkan
Aspek Penting Lain Supaya Aplikasi Berjalan Lancar
- Area parkir yang memadai dan aman
- Kertas sebagai media cetak karcis
- Infrastruktur yang memadai
- Sensor, kamera, dan CCTV untuk merekam kendaraan yang keluar masuk
- Daya listrik yang memadai
- Koneksi database dan internet untuk mencatat informasi kendaraan secara real-time